Mahasiswa AKM belajar “bertani” di acara kick andy show

Posted: Mar 27, 2018 Category: Announcement

web-12.jpg

Akademi Komunitas Multistrada (AKM) kembali mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan taping kick andy show yang digelar pada hari kamis (15/3) di studio Metro TV Jakarta. Sebanyak 18 mahasiswa AKM yang tergabung dalam group 3.4D menyaksikan secara langsung acara yang di pandu oleh Andy F Noya ini dengan mengangkat tema “Inovasi Anak Negeri” dengan menghadirkan narasumber anak bangsa yang telah berkontribusi besar dalam dunia pertanian dan perikanan.

Disegmen pertama Andy F Noya mengundang surono, dia adalah seorang peneliti pertanian terutama tanaman padi yang telah puluhan tahun mengembangkan bibit-bibit padi unggul. Dari hasil penelitiannya surono telah menghasilkan puluhan bibit-bibit padi unggul yang memiliki produktivitas tinggi, waktu panen yang lebih singkat serta ketahanan yang tinggi terhadap hama sawah. Bahkan hasil bibit unggulannya ketika ditanam di sawah yang kurang subur, ternyata dengan menggunakan bibit dari beliau hasil panennya sangat melimpah. Hingga sekarang bibit-bibit padi temuan surono ini telah menyebar diseluruh petani-petani yang ada di Indonesia.

Pada segmen kedua dihadirkan seorang yang menemukan benda yang sangat bermanfaat bagi para nelayan yaitu konverter bahan bakar minyak menjadi gas pada kapal-kapal yang digunakan nelayan untuk menagkap ikan. Amin menceritakan bahwa latar belakang dia membuat konverter ini adalah susahnya para nelayan di daerah Pontianak untuk mendapatkan bahan bakar minyak dikarenakan akses jalan yang cukup sulit bagai kendaraan pengangkut bbm untuk melintas. Setelah 9 kali percobaan akhirnya amin bisa menyempurnakan alat konverter ini dan memiliki standar SNI, dengan menggunakan konverter ini para nelayan mendapatkan efisiensi yang luar biasa dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar minyak.

Pada segmen terakhir Andy F Noya menghadirkan seorang anak muda yang bernama andhika yang telah mengabdi untuk industri pertanian yang ada di Yogyakarta dan sleman. Anak muda ini telah memberikan edukasi dan membimbing para petani yang ada di desa sehingga bisa mengolah hasil petanian menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Diakhir acara Asep Mulyadi salah satu mahasiswa AKM memberikan kesan “Lakukan perubahan dan jangan sampai patah semangat, terus dan terus berusaha sampai berhasi” ujarnya.

Comments

There are no comments

Post a comment


Disclaimer & Copyright | Website Information | Sitemap | Privacy Statement
Copyright @ 2012 Multistrada Community College