Attitude Mahasiswa di Kampus

Posted: Mar 14, 2017 Category: Artikel/Feature
 
attitude1.jpg
(sumber gambar : http://selfdevelopmentjourney.com/wp-content/uploads/2015/04/Reasons-to-have-a-positive-attitude.jpg)
 
 
Sikap atau sopan santun merupakan dasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa. Prestasi tanpa sopan santun bak singa kelaparan, daging apapun akan diterkamnya tak memikirkan itu baik atau buruk buatnya. Sama halnya dengan mahasiswa, mereka akan melakukan apa saja untuk meningkatkan prestasi akademisnya, dengan mencontek misalnya. Padahal itu adalah salah satu perbuatan  mahasiswa yang tidak memiliki sopan santun pada dirinya sendiri dan menganggap dirinya tidak mampu dan percaya diri.
Banyak orang yang menganggap sopan santun mengurangi rasa kebebasan bergaul, tetapi mengertilah bahwa dengan kita berlaku sopan santun kita akan dihargai orang lain.
Baik, itu hanya pembukaan saja. Selanjutnya saya akan coba paparkan bagaimana sikap dan sopan santun kita sebagai seorang insan akademik.
 
1. Sopan Santun pada Diri Sendiri
Hati kita adalah milik kita, tubuh kita pun adalah milik kita, jadi yang harus menghargai kita adalah kita sendiri selanjutnya orang lain akan menghargai kita. Kebanyakan orang menganggap sopan santun hanya diperuntukan untuk prilaku kita pada orang lain saja, itu salah besar. Ada sopan santun buat diri kita sendiri. Mengapa? Ya,. So, pasti dong. Karena diri kita adalah milik kita, bagaimana orang lain mau menghargai dan sopan pada kita, kalau kita sendiri tidak bisa menghargai diri kita.
Sopan santunlah pada diri sendiri misalnya berpakaian secara tepat, mahasiswa datang ke kampus dengan pakaian rapi, kemeja, sepatu. Dan contoh mahasiswa tak punya sopan santun, misal  berpakaian bolong-bolong, compang-camping, rambut acak-acakan tak karuan, badannya bau lagi ‘hahaha’. Kita saja tidak bisa sopan dalam berpakaian atau menata badan, bagaiman orang lain bisa menghormati kita.
 
Hargailah orang lain dengan terlebih dahulu menghargai diri kita sendiri. Berpakaian, bertutur kata, penataan badan yang baik dan berbudi, insya Allah selanjutnya orang lain akan menghargai kita.
 
2. Sopan Santun pada Guru/Dosen
Dosen merupakan guru dan orang tua kita dikampus, perlakukanlah mereka seperti kita kepada orang tua kita. Guru dikenal sebagai pahlawan tanda jasa, tapi ingat guru pun manusia, punya hati dan perasaan. Bila kita lukai hati dan perasaan mereka sama saja dengan kita melukai hati orang tua kita sendiri. Sopanlah dan hargailah dosen kita, mereka telah memberikan yang terbaik untuk kita, kita pun berikan yang terbaik untuk mereka.
Bagaimana caranya? Nah seperti ini caranya  “Berkomunikasi dengan kata-kata yang sopan, sms dengan kata sopan, taatilah perintahnya dan tuluslah menjalani perintahnya”. Apabila berpapasan sambutlah dengan salam dan bersalaman serta tanyakan kabarnya. Karena dengan tangan-tangan mereka kita bisa sukses. Ingat, mereka adalah orang tua kita di kampus. Ayo kita berlomba-lomba dalam kebaikan pada dosen-dosen kita.
 
3. Sopan Santun pada Pergaulan
Hiruk pikuk kampus pasti akan kalian alami, komunikasi pun tak terelakan baik dengan kaka kelas, adik kelas ataupun mahasiswa lainya di luar kampus, ras, suku, jabatan, gender yang berbeda bahkan ada yang miskin dan yang kaya. Semua itu akan kalian temukan, akan kalian alami dan kalian hadapi. Janganlah kalian mengklasifikasikan tua, muda, miskin, kaya, ganteng, cantik sebagai penghalang untuk berlaku sopan, ingat yang dinilai oleh Sang Pencipta adalah nilai ketaqwaan kita. Sopanlah pada siapa pun yang kalian temui. Karena apabila kalian sopan pada orang lain, orang lain pun akan sopan pada kalian.
 
4. Sopan Santun pada Lingkungan
Rumahku syurgaku, itulah perkataan dan kenyaan yang kita inginkan. Begitu pula dengan kampusku adalah syurgaku. Bagainama mau jadi syurga kalo kampus kita kotor acak-acakan, banyak sampah, kepualan asap rokok dimana-mana.
Oleh sebab itu, agar menjadi kampusku adalah syurgaku kita harus bersifat sopan terhadap lingkungan kampus kita yaitu dengan menumbuhkan kesadar untuk membuang sampah pada tempat sampah, tidak merokok dikampus dan banyak lagi yang berhubungan dengan cinta lingkungan. Saya yakin semua orang mencintai kebersiahan namun kita sulit melaksanakannya. Cara NYATA buat kampus kita bersih, dengan memastikan bahwa kita berprilaku bersih.
 
(sumber artikel : http://syahid-misky.blogspot.co.id/2012/08/attitde-mahasiswa-di-kampus.html)

Comments

There are no comments

Post a comment


Disclaimer & Copyright | Website Information | Sitemap | Privacy Statement
Copyright @ 2012 Multistrada Community College